Legenda Sablon dan Dekorasi Panggung

daftar isi

Biar saja orang lain mau ikut-ikutan, main digital kek, modal banyak kek, yang penting aku tetap pake caraku, yang mungkin orang lain nggak tahu dan nggak bisa. Rezeki kan sendiri-sendiri… “

(Pete)

Begitulah nada optimis yang dari dulu selalu dia katakan saat orang lain mencoba memancing niatnya membesarkan usaha di bidang urusan cetak-mencetak. Dialah Putut atau lebih dikenal dengan panggilan akrab “Pete”. Sosok optimis penuh kesahajaan yang banyak menginspirasi anak-anak muda di era saya masih duduk sebagai pelajar.

Nama besar Pete sebagai maestro lukis media luar ruang (outdoor) atau dalam ruang (indoor) dan sablon, sudah tak diragukan lagi. Beberapa acara (event) besar yang tidak bisa lepas dari namanya di kurun akhir 1990-an antara lain GMS (Ganesha Music Show) & Final Night, sebuah perhelatan tahunan dari salah satu sekolah favorit di Ponorogo.

Pete memulai karier kreatifnya mulai masa-masa itu, saat digital printing belum menjadi latah seperti sekarang. Keberanian dan kepercayaan dirinya dalam berkarya terbukti mengangkatnya menjadi ikon seniman dekorasi panggung besar pada zamannya. Dengan teknik kuas yang langsung menyapu permukaan media semacam triplek atau styrofoam dalam ukuran besar, betul-betul selalu menjadi karya monumental yang sempat dia lahirkan.

Salah satu hal menarik lain adalah kekompakan dia mengerjakan setiap karya bersama adik kandungnya, yang setia mendampingi sang kakak dalam usahanya. Pete mengakui bahwa dalam hal modal dia tak akan mampu bertahan lama, tapi karena optimis dan yakin bahwa lewat keahlian konvensionalnya yang serba analog, dia bisa terus berkarya dengan nyaman, maka perjalanan melewati masa 20-tahun bukan waktu singkat.

Alhamdulillah setelah sekian tahun jarang ada event panggung dia kerjakan, Pete dan tim-nya diberi kepercayaan mengerjakan dekorasi panggung raksasa Festival Nasional Reyog Ponorogo pada serangkaian acara Grebeg Suro 2016 ini.***

27 Oktober 2016

#ponorogo#tokohinspirasilokal#bekerjadenganhati

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn